Senin, 01 Maret 2010

Profesionalisme

Profesionalisme...
Mungkin kita pernah mendengar kata-kata ini...
Sebenarnya apa sih profesionalisme itu ?
“Profesionalisme” adalah sebutan yang mengacu kepada sikap mental dalam bentuk komitmen dari para anggota suatu profesi untuk senantiasa mewujudkan dan meningkatkan kualitas profesionalnya. Seorang guru yang memiliki profesionalisme yang tinggi akan tercermin dalam sikap mental serta komitmenya terhadap perwujudan dan peningkatan kualitas professional melalui berbagai cara dan strategi. Ia akan selalu mengembangkan dirinya sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman sehingga keberadaannya senantiasa memberikan makna profesional.

Profesionalisme memuat 3 unsur utama yaitu keahlian, tanggung jawab, dan norma yang mengatur kegiatan pelakunya.

1. Keahlian
Profesionalisme biasanya menuntut penguasaan keahlian tertentu. Keahlian ini memungkinkan seorang pekerja profesional untuk memberikan jasa spesifik kepada kliennya.

2. Tanggung Jawab
Seseorang yang sudah ahli tentunya ia adalah orang yang mempunyai "kewenangan profesional". Mereka yang mempunyai kewenangan profesional bertanggung jawab untuk menunjukan hasil kerja yang berkaitan dengan keunggulan mutu jasa dan pengembangan profesinya, memberikan pelayanan keahlian yang terbaik untuk kliennya, dapat menjalin hubungan yang baik dengan rekannya serta mengutamakan kepentingan masyarakat.

3. Pengatur Perilaku
Perilaku profesional diatur oleh berbagai macam kendali yaitu Undang-Undang atau peraturan pemerintah, peraturan atau kesepakatan dalam bidang profesi, pengakuan masyarakat dan kesadaran pribadi.

Tidak ada komentar: