Jumat, 28 November 2008

Brain Control



Monyet Mengontrol Lengan Robot Dengan Pikiran

Tanggal :29/05/2008
Sumber : www.egrosir.com

Bukan hal yang tidak mungkin lagi, bahwa suatu saat dengan pikiran manusia bisa melakukan hal-hal yang menakjubkan.


2 Monyet dengan sensor yang kecil di otaknya telah belajar untuk mengkontrol lengan mekanik hanya dengan pikirannya, untuk meraih dan mengambil makanan dan bahkan menyetel ukuran dan memotong jika perlu, laporan para ahli science.

Dilaporkan melalui release online journal Nature, demonstrasi paling menonjol sekarang ini oleh teknologi interface otak-mesin. Para ahli berharap bahwa teknologi pada akhirnya mengijinkan manusia dengan luka pada tulang belakang dan kondisi lain yang sama mendapatkan kontrol lebih pada hidup mereka.

Pada studi sebelumnya,research menunjukkan bahwa orang yang telah lumpuh bertahun-tahun dapat belajar untuk mengontrol kursor pada layar komputer dengan gelombang otak dan primata dapat menggunakan pikirannya untuk menggerakkan lengan mekanik, lengan robot atau robot pada treadmill.

Percobaan yang baru maju selangkah. Otak monyet terlihat dapat beradaptasi menggunakan mekanik sebagai anggota badannya, mengubah pergerakan sehingga berinteraksi dengan objek nyata pada real time. Monyet tersebut memiliki lengan yang dikekang saat mereka belajar untuk menggunakan lengan yang ditambahkan.

Para ahli yang tidak turut serta dalam studi berkata, penemuan bisa dipercepat untuk dicobakan pada manusia, khususnya kepada para veteran perang.

"Studi ini mengumpulkan poin2 pada studi sebelumnya dan memberikan demonstrasi yang nyata tentang apa yang mungkin bisa terjadi" kata Dr. William Heetderks, direktur program science diluar sekolah National Institute of Biomedical Imaging dan Bioengineering. Dr. John P. Donoghue, direktur Institue of Brain Science (Brown University) berkata bahwa Laporan ini "penting karena adalah studi yang paling komprehensif yang menunjukkan bagaimana binatang berinteraksi dengan objek yang kompleks, hanya menggunakan aktivitas otak.

Para penemu dari Universitas Pittsburgh dan Carnegie Mellon menggunakan monyet dengan alasan kemiripan anatomi dengan manusia dan karena mereka belajar dengan cepat.

Tidak ada komentar: